Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
LavareHome menyediakan perlengkapan dapur anda dengan harga yang hemat Dapatkan Peluang Penghasilan Tambahan dengan Menjadi Reseller / Dropshipper LavareHome Chat WA 0812-8925-3240
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Tips Mempertahankan Gizi Yang Ada Pada Makanan

5 Tips Mempertahankan Gizi Yang Ada Pada Makanan

Diposting pada 11 October 2018 oleh Lavare Home

Gizi Makanan –  Setiap bahan makanan mengadung kandungan gizi tertentu, contohnya daging yang merupakan sumber protein, atau buah dan sayuran yang menjadi sumber serat dan vitamin. Kandungan gizi yang ada pada makanan pun memiliki fungsi tersendiri sehingga bagus untuk kita agar mengonsumsi makanan yang mengandung gizi 4 sehat 5 sempurna.

Bagi yang senang memasak atau berkreasi dengan bahan-bahan makanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah bahan makanan tersebut agar masakan tetap nikmat dan yang terpenting adalah aman dan sehat. Jika salah mengolahnya, gizi yang terkandung dalam bahan makanan tersebut bisa berkurang atau bahkan hilang. Inilah tips yang bisa anda lakukan guna menjaga gizi yang ada pada bahan makanan.

1. Tidak merebus makanan terlalu lama
Merebus bahan makanan tidak perlu berlama-lama, tapi jika merebus telur lebih baik merebusnya hingga matang khawatir masih ada bakteri yang belum benar-benar mati, apalagi jika kondisi tubuh sedang tidak fit.
Tapi beda hal saat merebus sayuran yang tidka boleh berlama-lama. Seperti sayuran bayam yang dikira telah matang dalam waktu tertentu tidak perlu di lama-lamakan dalam proses perebusan karena vitamin yang ada pada bayam akan berkurang. Selain itu, anda bisa memakai air rebusan sayuran karena terdapat kandungan baik sayuran yang masih bermanfaat untuk tubuh.

2. Suhu tidak terlalu panas
Menggoreng suatu bahan makanan pun perlu diperhatikan suhunya. Jika suhu terlalu panas akan mengurangi nilai gizi. Contohnya, minyak zaitun atau minyak jagung justeru hanya dimasukan pada saat akhir pemasakan karena lemak baik yang terkandung akan merubah menjadi minyak jenuh.

tips menjaga gizi pada sayuran dan makanan

menjaga gizi pada sayur dan makanan

3. Mencuci baru mengupas
Pernahkan anda mendengar istilah tersebut? Mencuci dulu baru mengupas apa sebaliknya? Nah, cara yang benar yaitu mencuci dulu baru mengupas. Contohnya sebelum memotong-motong wortel, anda perlu mencuci wortel yang masih berkulit di air mengalir, setelah bersih barulah bisa dikupas. Itu bertujuan agar vitamin yang ada di wortel tidak ikut terbawa larut.

4. Menyeduh susu dengan air hangat
Beberapa orang sering menyeduh susu dengan cara yang bisa menghilangkan kandungan gizi nya. Jadi cara menyeduh susu yang benar itu dengan mengisi gelas dengan air hangat terlebih dahulu baru kemudian memasukan susu bubuk dan anda bisa mengaduknya.karena jika yang dimasukan ke dalam gelas susu terlebih dulu kemudian dituangkan air panas maka akan menghilangkan vitamin yang ada pada susu.

5. Tidak menggoreng beberapa bahan makanan
Saat ini, ada inovasi-inovasi berbagai macam makanan. Namun, kita harus memperhatikannya juga. Jangan sampai inovasi tersebut malah merusak tubuh kita secara perlahan. Contohnya adalah sayur kol yang digoreng. Rasa kol yang digoreng memang nikmat, apalagi jika dicocol dengan sambal. Namun, anda harus berhati-hati, karena dengan menggoreng kol akan menghilangkan vitamin B dan C yang ada pada kol. Menggoreng kol dengan suhu tinggi dan minyak yang berulang-ulang bisa terjadi oksidasi sehingga kandungan radikal bebasnya bisa meningkat. Selain itu, kol yang di goreng terlalu lama bisa merangsang timbulnya senyawa amina heterosiklik dan itu bersifat karsinogenik (zat pemicu kanker). Jadi lain kali harus berhati-hati lho.

Nah itulah beberapa tips agar gizi yang ada di dalam kandungan makanan tidak hilang. Dan kita pun harus memilih makanan yang dimakan tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Untuk bunda yang ingin menyimpan bahan makanan dapat menggunakan Food Container dari azumi food container atau Frenzi food container ya, Lavare Home siap bantu kebutuhan dapur bunda.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Bagikan informasi tentang 5 Tips Mempertahankan Gizi Yang Ada Pada Makanan kepada teman atau kerabat Anda.

5 Tips Mempertahankan Gizi Yang Ada Pada Makanan | Lavare Home

Belum ada komentar untuk 5 Tips Mempertahankan Gizi Yang Ada Pada Makanan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 20%
Rp 100.000 Rp 125.000
Ready Stock

Categories

SIDEBAR