Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
LavareHome menyediakan perlengkapan dapur anda dengan harga yang hemat Dapatkan Peluang Penghasilan Tambahan dengan Menjadi Reseller / Dropshipper LavareHome Chat WA 0812-8925-3240
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Makna yang Ada Pada Logo Wadah Makanan dan Cara Memilihnya

7 Makna yang Ada Pada Logo Wadah Makanan dan Cara Memilihnya

Diposting pada 19 September 2018 oleh Lavare Home

Logo wadah makanan –  Memilih wadah makanan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena wadah makanan bersentuhan langsung dengan makanan. Wadah yang terbuat dari bahan yang tidak aman bisa mempengaruhi kesehatan seseorang secara tidak langsung. Maka dari itu, para bunda harus berhati-hati dalam memilih wadah makanan.

Wadah makanan terdiri dari bermacam-macam bahan dasar dalam pembuatannya. Ada bahan yang sangat aman, aman, atau wadah yang hanya dibuat untuk sekali pakai. Biasanya dibawah wadah makanan terdapat logo segitiga yang ada nomor didalamnya. Setiap logo memiliki arti tersendiri. Berikut 7 makna yang ada pada logo wadah makanan yang perlu kita perhatikan:

mengenal logo wadah makanan

logo wadah makanan

1. Kode 1 (PETE)
Wadah yang berkode 1 terbuat dari kandungan polyethylene terephthalate (PETE). Kandungan ini biasa digunakan untuk pembuatan botol minuman transparan , seperti botol air mineral atau botol jus. Wadah yang mengandung PETE hanya boleh sekali pakai dan tidak boleh dipakai untuk menyimpan air panas karena mengandung lapisan polimer yang mudah meleleh dan bersifat korsinogenik yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

2. Kode 2 (HDPE)
Wadah ini terbuat dari bahan high density polyethylene (HDPE). Kode ini terdapat pada botol air gallon, wadah yogurt, botol susu, dan sejenisnya. Wadah dengan jenis HDPE tergolong aman untuk digunakan karena tidak tidak ada reaksi kimia jika terkena langsung dengan makanan, tetapi lebih baik digunakan hanya satu kali pemakaian. Selain itu, lebih baik tidak mengisi wadah dengan air panas untuk menghidari larutnya bahan kimia yang terkandung didalamnya.

3. Kode 3 (PVC)
Kode ini artinya wadah yang berasal dari bahan polyvinyl chloride. Bahan ini biasa digunakan untuk membungkus makanan dan botol minuman kemasan. Dan PVC bahan yang sulit untuk didaur ulang. Bahan ini pun berbahaya jika berkontak langsung dengan makanan dan bisa menggangu hati dan ginjal karena mengandung DEHA. Jadi jangan memilih wadah menyimpan makanan dengan bahan ini ya.

jual azumi bneto untuk food prep

azumi bento dapat untuk food prep

4. Kode 4 (LDPE)
Wadah berkode 4 ini mengandung bahan Low Density polyethylene berasal dari minyak bumi. Wadah ini lebih fleksibel, lebih kuat sehingga sulit hancur, namun masih bisa didaur ulang. Bahan ini dipakai untuk wadah makanan, atau botol kemasan seperti botol sambal.

5. Kode 5 (PP)
Wadah dengan kode ini merupakan pilihan terbaik untuk menyimpan makanan karena bahan yang terbuat dari polypropylene ini sifatnya kuat, ringan, transparan, kuat suhu tinggi, tahan minyak dan lemak.

6. Kode 6 (PS)
Kode bernomor 6 ini berasal dari bahan Polystyrene yang biasa terdapat pada Styrofoam. Styrofoam hanya boleh digunakan sekali pakai dan tidak boleh menaruh makanan dan minuman dengan suhu panas didalamnya karena wadah dengan bahan Polystyrene bisa melepaskan senyawa styrene berbahaya. Senyawa ini bisa menimbulkan efek buruk seperti mengganggu system saraf dan otak.

7. Kode 7 (PC)
Kode bernomor 7 sebenarnya memiliki beberapa jenis bahan. SAN, PC, ANS, dan nilon. Wadah berbahan ini ada di botol susu bayi, kaleng susu formula dan botol minum. Bahan SAN dan ABS memang baik digunakan karena kuat terhadap suhu dan tekanan sehingga digunakan untuk bahan termos dan alat makan.
Namun, bahan PC itu berbahaya karena bisa mengeluarkan senyawa bisfenol A yang bisa mempengaruhi hormone, system imun, dll. Karena susah membedakannya dari 4 bahan tersebut, lebih baik membeli wadah dengan kode lain saja.

Semoga artikel ini membuat kita lebih berhati-hati dalam membeli wadah makanan ya. Untuk order food container bisa hubungi kami di 0812-8925-3240 ada Frenzy food container dan Azumi Bento isi 12 pcs

(Visited 12 times, 1 visits today)

Bagikan informasi tentang 7 Makna yang Ada Pada Logo Wadah Makanan dan Cara Memilihnya kepada teman atau kerabat Anda.

7 Makna yang Ada Pada Logo Wadah Makanan dan Cara Memilihnya | Lavare Home

Belum ada komentar untuk 7 Makna yang Ada Pada Logo Wadah Makanan dan Cara Memilihnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
OFF 3%
Rp 145.000 Rp 150.000
Ready Stock

Categories

SIDEBAR