Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
LavareHome menyediakan perlengkapan dapur anda dengan harga yang hemat Dapatkan Peluang Penghasilan Tambahan dengan Menjadi Reseller / Dropshipper LavareHome Chat WA 0812-8925-3240
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Lengkap Mengetahui Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas

Cara Lengkap Mengetahui Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas

Diposting pada 23 October 2018 oleh Lavare Home

Tips Masak – Hidangan Makanan yang sehat dan lezat tidak mungkin ada jika kita tidak memperhatikan kualitas suatu bahan makanan. Makanan dengan bahan murah memang menghemat budget, tapi murah dan berkualitas itu merupakan suatu komposisi yang pas bukan? Tapi yang ditekankan adalah bahan makanan yang berkualitas karena berpengaruh pada tubuh kita nantinya.

Ini lah cara lengkap agar anda tahu bahan makanan mana yang masih segar dan berkualitas:

menyiapkan makanan

cara lengkap menyiapkan makanan

1. Karbohidrat
Karbohidrat terdiri dari beberapa jenis. Ada beras, gandum, mie, dan ubi. Jika ingin membeli beras berkualitas, carilah beras yang butirannya utuh, tidak ada ulat dank utu, tidak ada kotoran dan warnanya tidak pudar. Berat yang baik juga bisa dikenali dari aromanya yang masih segar dan tidak berbau apek.
Selain itu, jika anda memilih mie alangkah baiknya jika memilih mie yang tidak mengunakan bahan pewarna. Mie yang bagus terihat kokoh dan tidak kusam.
Jika anda memilih roti gandum untuk bahan makanan pastikan cek tanggal kadaluarsa. Roti gandum yang sudah rusak mudah dilihat dari munculnya jamur kehijauan yang ada pada roti.
Untuk umbi seperti ubi jalar atau singkong, pilihlah umbi yang kulitnya tidak berlubang seperti dimakan ulat, lalu pilih juga umbi yang tua sehingga kandungan pati lebih banyak didalamnya karena umbi mudah mengandung kadarair lebih tinggi sehingga teksturnya akan lebih keras setelah dimasak.

2. Protein
Protein terdiri dari 2 jenis, protein nabati berupa tempe, kacang-kacangan, tahu, dan kedelai. Sedangkan protein hewani terdiri dari daging, ikan, telur, susu, dan ayam.
Daging yang berkualitas akan terlihat berwarna merah (tidak pucat bahkan kebiruan) dan aroma daging segar. Kalau memilih ikan, sebaiknya membeli yang masih hidup, kalaupun sudah mati pilihlah yang masih beraroma segar khas ikan, tidak berlendir dan kalau ditekan akan kembali ke bentuk aslinya.
Susu yang aman diknsumsi bisa dilihat dari tanggal kadaluarsa, dan telur yang baik bertuknya utuh. Jika dipecahkan kuning telur masih bulat dan putih telur tidak encer, dan juga tidak terdapat kotoran didalamnya.
Selain itu, memilih protein hewani seperti tempe bisa dilihat dari aroma yang tidak tengik , susunan tempe yang berstruktur serta jamurnya yag putih bersih. Tahu yang berkualitas itu tidak berlendir, tidak ada aroma asam dan busuk serta tekstur yang masih enyal. Lebih baik memilih tahu yang tidak berwarna agar menccegah dari bahaya pewarna makanan.

3. Serat, vitamin dan mineral
3 macam nutrisi ini bisa didapat dari buah dan sayuran. Manfaatnya yang banyak mengharuskan kita mengonsumsi buah dan sayuran walaupun sedikit. Karena buah dan sayur ibarat oli yang dibutuhkan tubuh. Buah yang berkualitas akan terlihat segar, kulit buah bersinar dan tidak keriput, dan juga tidak belubang untuk menghidari adanya ulat dalam buah.
Pilihlah sayuran yang tidak layu dan warnanya masih segar. Lebih baik memilih buah dan sayuran organic untuk meminimalisir adanya pestisida. Sebelum sayur diolah pastikan dicuci bersih pada air yang mengalir agar kotoran ikut tebawa larut. Dan juga simpan buag didalam kulkas untuk menjaga kesegarannya dan jangan lupa tetap harus dicuci sebelum masuk ke kulkas. Bunda dapat menggunakan food container Frenzy untuk food preparation.

Itulah cara-cara lengkap mengetahui bahan makanan mana yang masih segar dan berkualitas agar tidak salah membeli, karena bahan berkualitas penting untuk menciptakan makanan sehat bergizi. Lihat juga aneka piring dekor untuk dapur bunda untuk aneka hidangan makanan

 

foto pexels

(Visited 1 times, 1 visits today)

Bagikan informasi tentang Cara Lengkap Mengetahui Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Lengkap Mengetahui Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas | Lavare Home

Belum ada komentar untuk Cara Lengkap Mengetahui Bahan Makanan yang Segar dan Berkualitas

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
Rp 230.000
Ready Stock

Categories

SIDEBAR