5 Tips Memilih Wadah Makanan Yang Tepat Untuk si Kecil

memilih wadah makanan

Wadah makanan menjadi barang yang erat dengan si kecil, karena ketika berpergian dengan si kecil biasanya para bunda akan membawa wadah makanan atau ketika membawakan bekal untuk sekolah juga memakai wadah makan. Dalam pemilihan wadah makanan tidak boleh sembarang, karena bisa berdampak kurang baik pada kesehatan kalau wadah tersebut tidak tepat.

Agar bunda tidak salah memilih, berikut 5 tips untuk memilih wadah makanan yang tepat.

1. Amanmemilih wadah makanan
Setiap wadah makanan itu harus aman, karena wadah makanan bersentuhan langsung dengan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh si kecil. Para bunda harus tahu tentang kode wadah yang berlogo segitiga dan bernomor di belakang wadah. Kode tersebut menunjukan identitas setiap wadah. Apakah wadah itu hanya boleh sekali pakai, tidak boleh terkena kuah panas, apa saja dasar bahan pembuatan wadah, bersifat karsinogen atau tidak, dan masih banyak lagi. Jadi bunda bisa baca juga info tentang nomer kode.
Selain itu, keamanan sebuah wadah makanan juga bisa dilihat dari bahan yang tampak, jangan sampai membeli bahan yang tipis karena lebih murah ternyata malah bisa menciut saat diberi panas. Itu berarti ketika wadah tersebut terkena air panas akan berdampak berbahaya karena zat kimia di wadah tersebut bisa larut.
Wadah yang aman lebih baik yang berbahan lebih tebal dan tahan panas.

2. Memiliki sekat pembatas
Sekat pembatas juga menjadi daftar pemilihan wadah yang tepat lho. Ada beberapa bunda yang membawakan bekal makan yang berkuah kepada si kecil di sekolah dan wadah tersebut tidak bersekat, pasti setelah beberapa lama nasi akan mengembang dan kuah akan terserap nasi, sehingga makanan akan kurang nikmat dan bisa-bisa si kecil malah engan memakannya.
Jadi lebih baik pilihlah wadah bersekat agar nasi dan kuah tidak bercampur. Makanan pun akan memiliki tekstur yang masih sama jika belum terkena kuah. Kuah bisa dicampur ketika makanan akan dimakan saat itu juga.

3. Tidak ribet (simple)
Para bunda mungkin berpikir, “wah lucu sekali dan model wadah ini unik, kemudian langsung saja membelinya” sebenarnya boleh saja memilih wadah makanan yang memiliki model unik, tapi kalau si kecil berumur masih belia pasti dia akan kesusahan atau bingung saat akan membuka kotak makannnya dan alhasil makanan tidak akan dimakan.
Untuk menghindari hal tersebut, bunda bisa memilih tempat makan yang tetap lucu tapi diutamakan ke-simple-an agar si kecil bisa mudah membuka kotak makannya.

4. Ukuran yang Sesuai
Untuk seuah wadah makanan, lebih bagus bukan jika membeli yang ukurannya sesuai kebutuhan? Atau misalkan si kecil masih tk dan dia berbadan kecil, lebih bagus kita membelinya sesuai tubuhnya juga, jangan sampai dia keberatan membawa kotak makannya ya bunda.
Kalau untuk membawakan bekal roti 2 potong, bunda tidak perlu menggunakan kotak yang terlalu besar Karena memang tidak sesuai dengan porsi bekal dan juga memakan tempat.

5. Mudah dicuci
Nah ini nih yang penting, beberapa wadah makanan memang ada yang sulit dicuci, seperti minyak yang susah hilang di wadah tersebut padahal sudah dicuci berkali-kali. Ini akan menjadi kotoran yang menumpuk dan lama-lama bisa berbahaya untuk si kecil.

Itulah 5 tips memilih wadah makanan yang tepat untuk si kecil, semoga bermanfaat

 

fopto pexels

(Visited 76 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *