Diet Sukses! ini 5 Makanan Rendah Kalori

makanan rendah kalori

Mengkonsumsi makanan rendah kalori dan kaya akan nutrisi dapat menyehatkan tubuh, membuat Anda kenyang lebih lama, serta menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Kalori merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi tenaga. Jika Anda kelebihan asupan kalori namun tidak banyak beraktivitas, maka kalori tersebut akan berubah menjadi lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kelamin usia serta tingkat aktivitas setiap individu. Orang dewasa membutuhkan asupan kalori yang lebih besar dibandingkan dengan anak-anak, begitu pula dengan orang yang memiliki banyak aktivitas fisik lebih banyak membutuhkan kalori dibandingkan dengan orang yang sedikit memiliki aktivitas fisik. Untuk menjaga berat badan ideal dan tidak kelebihan lemak, Anda bisa mengkonsumsi makanan rendah kalori.

5 Makanan Rendah Kalori

Berikut ini merupakan 5 makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi dan dapat menyehatkan tubuh yang bisa Anda konsumsi, di antaranya yaitu:

1. Ikan

Siapa yang suka mengkonsumsi ikan? Pasalnya ikan termasuk salah satu makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan menyehatkan tubuh. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang cukup banyak dan bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta menjaga kesehatan jantung [1].

Adapun beberapa jenis ikan yang masuk ke dalam makanan rendah kalori yaitu ikan gindara, ikan salmon serta ikan tuna. Agar kandungan nutrisinya tidak hilang, Anda juga perlu memperhatikan cara mengolahnya. Daripada digoreng, lebih baik ikan diolah dengan cara dikukus atau ditumis dengan minyak yang sedikit

2. Telur
Makanan rendah kalori selanjutnya yaitu telur. Pasalnya telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, jadi meskipun rendah kalori, namun Anda dapat merasakan kenyang lebih lama. Anda dapat membuat telur rebus untuk masuk kedalam menu camilan atau makanan harian.

3. Bayam
Sayuran berdaun hijau memang memiliki segudang manfaat, tak terkecuali bayam. Pasalnya bayam merupakan sayuran rendah kalori untuk diet dan menjadi sumber beta karoten yang dapat mensukseskan diet Anda. Kalori yang terkandung dalam bayam terbilang rendah yaitu hanya 16 kalori per 100 gramnya [2]. Hal tersebutlah yang membuat bayam menjadi salah satu menu favorit bagi yang sedang diet.

4. Lobak
Selain bayam, jenis sayuran yang masuk dalam makanan rendah kalori selanjutnya yaitu Lobak. Pasalnya, lobak hanya mengandung 21 kalori per 100 gramnya [2]. Meski begitu, sayuran ini memiliki serat yang tinggi sehingga Anda tetap merasakan yang lebih lama.

5. Buah-buahan beri
Buah-buahan berry seperti raspberry, blueberry, strawberry serta BlackBerry diketahui menjadi makanan enak rendah kalori, di mana dalam satu cangkir atau 148 gram blueberry hanya mengandung 84 kalori [3].

Buah-buahan berry juga memiliki kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh mulai dari vitamin, antioksidan dan mineral. Bukan hanya itu, buah-buahan berry juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan perut lebih lama. Buah-buahan ini cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

6. Oatmeal
Makanan rendah kalori selanjutnya yaitu oatmeal. Pasalnya kalori yang terkandung dalam 40 gram oat kering hanya sebesar 148 kalori saja, tetapi memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi yaitu 5,5 gram dan 3,8 gram [4].

Berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan pada 48 orang dewasa, diketahui bahwa mengkonsumsi oatmeal dapat mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Makanya tak heran jika oatmeal masuk ke dalam menu diet.

Masih banyak makanan, sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi. Dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan rendah kalori, Anda dapat menurunkan berat badan dengan optimal. Selain daripada itu, Anda juga perlu memenuhi asupan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral atau air putih yang cukup. Pasalnya mengkonsumsi banyak air juga dapat menurunkan berat badan lho!

minum aqua

Namun, Anda juga perlu memperhatikan kebaikan dan kualitas dari air yang Anda konsumsi. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi air yang mengandung zat berbahaya, terdapat bakteri, kotor dan berwarna. Kalau perlu, Anda bisa menggantikan air putih dengan air mineral, karena air mineral dinilai lebih baik dan memiliki kandungan yang cukup banyak untuk menyehatkan tubuh, mulai dari kalium, natrium, magnesium, selenium, zinc, seng, mineral dan lainnya.

AQUA menjadi pilihan air mineral yang berkualitas dan tepat dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh. Dengan memilih air minum yang sudah dijamin kualitasnya, Anda tidak perlu ragu dan khawatir akan mengkonsumsi air yang tercemar, karena air yang tercemar dapat menimbulkan penyakit seperti diare.

AQUA sudah terjamin kualitasnya dengan melakukan 3 perlindungan maksimal mulai dari melindungi ekosistem sumber air, melindungi kandungan mineral dalam air serta melindungi proses produksi agar aman hingga ke tangan konsumen.

AQUA melakukan perlindungan pada ekosistem dengan menjaga ekosistem di sekitar sumber air, lalu melindungi kandungan mineral dengan melakukan penyaringan melalui pasir dan batuan vulkanis agar lebih alami serta melindungi kualitas produk dengan melakukan produksi yang aman dengan teknologi canggih dengan tenaga profesional.

Itulah beberapa hal mengenai makanan rendah kalori beserta air mineral dari AQUA yang dapat memberikan kesehatan tubuh Anda.

Referensi:
1. https://www.alodokter.com/menjaga-berat-badan-ideal-dengan-makanan-rendah-kalori
2. https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/makanan-rendah-kalori-yang-sehat/?amp=1
3. https://www.sehatq.com/artikel/16-makanan-rendah-kalori-dan-padat-nutrisi/amp
4. https://health.detik.com/diet/d-5260929/6-makanan-rendah-kalori-awet-kenyang-tapi-nggak-bikin-gemuk
5. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-yang-baik-untuk-tubuh/

(Visited 2 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *