7 Jenis Sayuran yang Baik Untuk Perkembangan, Pertumbuhan dan Kesehatan Anak

sayuran untuk anak

Sebagai seorang ibu, perlulah mengetahui lebih banyak tentang makanan yang akan dikonsumsi oleh sang anak, karena makanan merupakan sebab-akibat, yang artinya makanan bisa berpengaruh pada kondisi tubuh. Contohnya anak-anak yang makan gizi seimbang dan asupan nutrisinya terpenuhi dinilai akan cepat tanggap serta memiliki kecerdasan yang baik.

Sayuran merupakan jenis makanan yang megandung aneka nutrisi yang baik untuk perkembangan, pertumbuhan serta kesehatan anak. Oleh karena itu, simak 7 jenis sayuran yang bermanfaat dan bisa anda jadikan salah satu menu makanan si kecil.

kandungan gizi makanan
1. Bayam
Bayam merupakan makanan sumber protein dan memiliki rasa yang nikmat. Bayam mengandung mineral seperti Vitamin A, vitamin B6, Vitamin C, antioksidan dan asam folat yang penting untuk mencegah gangguan fungsi otak, serta dapat menangkal radikal bebas.
Selain itu, bayam bisa melindungi tubuh dari penyakit, meningkatkan kesehatan mata, serta dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan memerikan bayam kepada si kecil, akan membuatnya kenyang dalam jangka waktu yang lama.

2. Tomat
Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan terkuat yang bisa mencegah kanker dan penyakit jantung. Tidak hanya likopen, tapi tomat juga bisa memenuhi nutrisi si kecil berupa vitamin dan mineral. Di dalam tomat ada juga kandungan lisin yang baik untuk anak-anak yang susah makan.

3. Buah Bit
Buah bit ini memiliki manfaat yang baik seperti, meminimalkan risiko kanker, meningkatkan kefokusan dan konsentrasi anak. Buah bit memang memiliki rasa yang agak berbeda dengan buah-buah lainnya yang cenderung manis, oleh karena itu cara mengolahnya dengan dibuat jus dan dicampur dengan buah lain seperti strawberi, jeruk, wortel, atau ditambahkan madu.

4. Ubi Manis
Ubi manis mengandung nutrisi kabohidrat kompleks. Ubi mengandung betakaroten, Vitamin C, zat besi, vitamin B6, serta antioksidan yang bisa meningkatkan kerja otak si keci. Selain itu, ubi juga mudah dicerna karena teksturnya lembut serta rasanya yang manis.

5. Brokoli
Selain tinggi serat, brokoli juga mengandung Vitamin C, kalsium, protein dan folat. Kalsium yang terkandung dalam brokoli hampir setara dengan kandungan segelas susu. Selain itu brokoli bebas dari lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak.
Brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf, tulang serta pencernaan, mencegah kecacatan pada anak kecil, meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurang reaksi alergi.

6. Kembang Kol
Kembang kol kaya akan serat, sumber vitamin C, Vitamin K dan asam folat. Kembang kol boleh dikonsumsi oleh anak-anak, bukan balita yang usianya masih dibawah 10 bulan. Kembang kol ini bisa mencegah kanker, menjaga fungsi hati, dan meningkatkan imunitas tubuh.

7. Wortel
Wortel merupakan sayuran sejuta khasiat karena kandungannya yang bermanfaat. Wortel mengandung vitamin A, Vitamin B6, serat, anthocyanin, karotenoid, dan masih banyak lagi. Jenis sayuran ini bisa mencegah mata terkena gangguan, memperbaiki daya ingat dan meningkatkan kemampuan berpikir, mencegah tubuh dari peradangan, menangkal radikal bebas, serta mengurangi risiko gigi berlubang. Jadi, wortel ini perlu dijadikan salah satu menu makanan untuk si kecil ya.

Itulah 7 jenis sayuran yang bisa menjadi rekomendasi makanan untuk si kecil. Dan jangan lupa perhatikan cara mengolah yang baik dan benar sehingga kandungan pada sayuran tetap terjaga. Oke?

 

foto pexels

(Visited 17 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *