Tips Menata Rumah yang Sempit

tips desain rumah

Hai Moms, suka bingung gak si pas menata barang – barang di rumah? Apalagi punya rumah yang sempit tapi barangnya banyak? Biasanya jadi asal tumpuk di pojokkan, taruh barang di kolong atau di atas lemari. Tapi kan jadi ga enak dipandang ya?

Menata rumah sebenarnya sudah menjadi kebiasaan bagi ibu – ibu dari sejak zaman dulu ya Moms. Tidak ada standar pasti bagaimana penataannya, semua sesuai selera masing – masing penghuni rumah. Walaupun beberapa tahun silam ada satu orang dari Jepang yang memperkenalkan seni beberes rumah, yaitu Marie Kondo. Bagaimana tekniknya untuk menata barang – barang di rumah ia ajarkan sampai bagian terkecil seperti bagaimana melipat baju pun ada caranya tersendiri. Namun, ketika kita punya cara beberes tersendiri bukan suatu hal yang salah, kita bebas mengekspresikannya Moms.

Nah, di sini ada beberapa tips menata rumah yang sempit yang juga diambil dari seni beberesnya Marie Kondo. Tips – tips ini bisa Moms praktikkan di rumah. Simak yuk…

1. Setting mindset bahwa “Rumah sempit mudah merapikannya. Semakin simpel, semakin elegan.” Begitulah dengan space rumah yang sempit, justru menjadikan kita lebih mudah menatanya. Pun dengan keadaan tersebut, kita akan berpikir dua kali jika ingin membeli perabotan rumah. Jadi otomatis tidak membuat kita lupa diri ketika berbelanja ya Moms.

2. Decluttering, memilah kembali barang – barang yang masih dipakai ataupun yang tidak. Cara ini dilakukan sebelum menata barang – barang. Karena seiring waktu, kemungkinan besar barang – barang di rumah semakin bertambah. Tentunya dari situ ada barang – barang yang perlu dikeluarkan, baik itu untuk diberikan ke orang lain ataupun dibuang karena sudah tidak bisa berfungsi. Sulit memang, tapi sekali lagi bahwa Moms harus setting mindset sesuai poin 1.

3. Pahami interior rumah, kalau merasa kesulitan bisa diskusikan dengan pasangan. Apa saja yang masuk dalam interior? Ya mulai dari warna, setting letak perabotan, dan lain – lain. Kalau ada budget bisa menyewa jasa desain interior, tapi kalau ingin yang ekonomis, andalkan saja insting pribadi. Yang penting dilihat rapi, aman, dan nyaman buat Moms sekeluarga.

4. Pilihlah furniture yang multifungsi sehingga bisa menghemat space rumah. Furniture multifungsi memiliki desain yang compact, rumah dengan space yang sempit sangat cocok menggunakan furniture yang multifungsi ini. Apa saja furniture multifungsi? Banyak Moms, seperti meja lipat, lemari yang sekaligus bisa dijadikan meja, tempat tidur yang bisa dilipat dan di berdirikan seperti lemari, sofa yang bisa dijadikan tempat tidur, rak buku yang ada di tempat tidur dan sebagainya. Sekarang sudah banyak furniture yang memiliki model – model kreatif seperti ini lho Moms, terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah yang sempit.

5. Tips selanjutnya adalah proses penataan barang. Klasifikasikan barang – barang sesuai dengan fungsinya. Supaya ketika akan memakainya lebih mudah dijangkau tanpa ribet mencari. Ada baiknya ketika Moms menata barang – barang, Moms ikuti seni beberes ala Marie Kondo. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan barang – barang menjadi satu, baru pilah barang sesuai fungsi dan value yang ada dalam barang tersebut. Marie Kondo memiliki pondasi berpikir bahwa “Memilih untuk mempertahankan apa yang memicu kegembiraan”. Jadi bagi Moms semua yang memiliki koleksi barang – barang yang mempunyai nilai kenangan juga boleh kok disimpan, jadi jangan takut ya kalau mengikuti seni beberes Marie Kondo ini. Bukan berarti membuang barang – barang yang tidak dipakai saja, tapi juga memilahnya sesuai dengan rasa yang dalam terhadap barang tersebut.

Bagaimana Moms, sudah siap beberes rumah? Yuk ikuti tips – tips di atas, lalu lihat seperti apa hasilnya! Semangat beberes Moms!

 

foto pexels

(Visited 13 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *