5 Tips Untuk Menyimpan Bahan Makanan Di Luar Ruangan dan Contohnya

menyimpan makanan

Beberapa bahan makanan memang ada yang tidak perlu di simpan dalam lemari pendingin, namun ada juga yang harus disimpan di dalamnya agar tidak mudah rusak. Tetapi, tidak semua orang memiliki lemari pendingin, seperti mahasiswa yang biasanya menyewa kos tidak semuanya terfasilitasi kulkas. Lalu, bagaimana caranya agar makanan tetap baik walaupun disimpan di luar ruangan? Simaklah tips-tips penting menyimpan bahan makanan dibawah ini:

1. Simpan bawang-bawang-an di dalam kantung
Bawang merah atau bawang putih akan lebih awet jika disimpan di dalam kantung pada ruangan yang gelap. Atau bisa juga anda simpan di kotak-kotak yang telah diberi lubang ventilasi. Tapi bawang merah, bawang putih dan jenis bawang lainnya sebaiknya di taruh di kantung yang berbeda agar tidak tercampur aromanya.

2. Pisang memang seharusnya di simpan di suhu ruangan
Ada beberapa buah yang memang tidak bisa disimpan di kulkas karena justeru bisa membuat buah tersebut lebih cepatm atang sehingga lebih cepat pula mengalami pembusukan, contohnya pisang dan alpukat. Selain itu, menyimpan pisang harus tetap bersama bonggolnya, dan baiknya bonggol pisang dibungkus plastic agar tetap segar.

tips menyimpan makanan
Paprika, mentimun dan tomat juga lebih baik disimpan di suhu ruangan. Karena paprika bisa kehilangan kekenyalan pada tekstur, kemudian tomat dan mentimun bisa sangat berlendir. Dan satu lagi, jangan menyimpan tomat dan mentimun dalam satu tempat karena gas pada tomat bisa membuat mentimun cepat busuk.

3. Buah dan sayur yang tidak perlu dicuci jika ingin disimpan
Kalau anda ingin langsung mengonsumsi buah dan sayuran yang baru dibeli anda memang harus mencucinya terlebih dahulu di air mengalir agar kotoran yang ada pada kulit buah dan sayur bisa hilang.
Lain hal jika anda ingin menyimpan buah dan sayur untuk beberapa hari, lebih baik tidak dicuci terlbih dahulu. Buah membutuhkan kelembaban yang tinggi, dengan mencuci buah makan akan merusak kelembaban alami yang ada pada buah sehingga akan memperceat pembusukan.

4. Simpan sayuran di tempat yang berventilasi
Sayuran bisa di simpan di dalam plastic maupun wadah tempat makan asal berventilasi karena ventilasi berperan penting dalam penyimpanan sayuran. Dengan adanya ventilasi memungkinkan udara berganti sehingga tidak membuat sayuran menjadi terlalu lembab kemudian membusuk.

5. Lapisi bahan makanan dengan kertas
Buah dan sayur akan bertahan di lingkungan sekitar yang kering bukan yang lebih lembab karena 2 bahan makanan tersebut sudah memiliki kandungan kelembaban tersendiri. Untuk mencegah penyebaran jamur anda bisa membungkusnya dengan kertas atau tisu tebal yang bisa menyerap kelebihan kelembaban pada buah dan sayur.

Berikut bahan makanan tambahan yang tidak perlu di taruh di dalam kulkas: roti, tumbuhan herbal, selai, kacang-kacang-an, saos tomat, kecap, minyak, kopi, madu, sereal, makanan kering. Karena dengan menaruh bahan makanan tersebut akan berpengaruh pada tekstur, rasa maupun aroma yang terdapat pada makanan diatas.
Jenis bahan makanan seperti makanan kaleng, selai dan saos tidak perlu disimpan di kulkas karena makanan tersebut sudah diproses dan disegel serta sudah ada zat yang membuat bahan tersebut tidak akan rusak walau disimpan di suhu ruangan.

Itulah 5 tips penting yang bisa anda ikuti ketika lemari pendingiin sedang bermasalah, ataupun sedang bingung bagaimana penyimpanan yang baik di luar ruangan.

 

foto pexels

(Visited 65 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *