6 Macam Buah-buahan yang Baik Bagi Anak dan Tips Memilih Buah

manfaat buah

Buah merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin dan masih banyak lagi. Sehingga buah memberikan banyak manfaat bagi semua usia, mulai dari anak-anak hingga yang sudah dewasa. Selain itu buah memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Berikut buah yang bak untuk anak-anak:

manfaat buah apel

1. Apel
Apel mengandung zat gizi seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan mineral yang sangat baik untuk proses pertumbuhan anak, menguatkan ingatan, mencegah kerusakan gigi dan baik untuk tulang.
Apel memiliki banyak jenis, ada yang renyah dan tidak. anda bisa mengolah apel dengan langsung dipotong atau dibuat jus. Jika membuat jus pastikan tidak terlalu banyak gula, karena apel sudah memiliki rasa manis alami dari buahnya.
Jika anak anda masih balita, anda bisa mengukus potongan apel yang sudah di taruh di wadah tahan panas ke dalam panci selama 3 menit. Setelah dikukus, haluskan apel dengan garpu atau di blender dan apel sudah siap disajikan.
Apel yang baik kulitnya mulus, tidak benyek, dan jika disentil bunyinya nyaring tandanya apel tersebut renyah dan memiliki banyak kandungan air. Sedangkan apel yang tidak nyaring apel tersebut berjenis tidak renyah dan cenderung kering.

2. Mangga
Mangga mengandung vitamin A yang baik untuk penglihatan anak, serat yang tinggi sehingga anak terhindar dari sembelit. Mangga menjadi sumber asam glutamin yang dapat meningkatkan fungsi otak serta berfungsi menjaga kesehatan kulit pada anak-anak.
Mangga yang sudah matang akan wangi, bentuk bawahnya tidak kecil serta tidak terlalu keras. Karena ada mangga karbid (matang karena disuntik, tidak alami).

3. Pisang
Pisang menjadi buah-buahan yang sering dikonsumsi untuk makanan pendamping ASI bagi balita atau menjadi cemilan untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan pisang mengandung serat, kalium, zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia, dan membuat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Tekstur pisang halus sehingga mudah dikunyah dan dicerna. Harganya pun terjangkau dan sangat mudah didapatkan.
Jika anak anda masih balita, idealnya memakan makanan padat pendamping ASI pada usia 6 bulan. Cara mengolahnya bisa diblender atau dikeruh dengan garpu.

4. Pepaya
Pepaya mengandung folat, serat , Vitamin A, C, dan E. Kandungan tersebut baik untuk melancarkan pencernaan, dan memperbaiki dan menguatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pepaya berfungsi sebagai cadangan energy sehingga membuat anak tidak cepat lelah dan membantu agar tidur nyenyak di malam hari. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut cocok untuk anak-anak.

5. Alpukat
Alpukat merupakan sumber vitamin E, mengandung antioksidan yang membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit dan menghindari kanker, serta memiliki kandungan lemak tak jenuh. Teksturnya pun lembut dan mengenyangkan.
Memilih alpukat yang sudah matang cukup mudah, warnanya akan lebih gelap dan tekstur buah tidak terlalu keras. Selain itu, coba goyangkan alpukat, jika terdengar bunyi biji alpukat yang bergoyang, tandanya alpukat sudah matang. Jika alpukat belum matang, simpan di tempat gelap dan di suhu ruangan agar cepat matang.

6. Jambu biji
Jambu biji merupakan buah yang banyak mengadung vitamin C dan serat yang berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh serta baik bagi pencernaan. Tetapi, untuk mengonsumsi buah ini lebih baik tidak dimakan bersama biji-bijinya. Cara yang lebih mudah adalah dengan membuat jus, kemudian disaring agar biji-biji tidak ikut terminum.

Itulah macam buah-buahan yang baik bagi anaka-anak, para bunda perlu memberi anaknya buah nih agar tetap terjaga gizi seimbangnya dan terhindar dari penyakit-penyakit.

 

foto pexels

(Visited 29 times, 1 visits today)

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *